Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

Saat ini kita sudah memasuki era/abad informasi digital yang ditandai  segala sesuatunya berjalan dengan bantuan “teknologi”,  informasi apapun dapat dengan mudah kita peroleh dari berbagai media diantaranya melalui media internet, social network, blog, jurnal ilmiah, situs pembelajaran, forum-forum, mailinglist, dsb.  Handphone sebagai salah satu produk teknologi komunikasi   juga sangat berkembang pesat, telah bermunculan generasi-generasi smartphone terbaru dari berbagai vendor besar dengan fitur dan kecanggihan teknologi yang memudahkan pengguna, seperti Android, BB, IPhone, Tab. Sepertinya saat ini hampir semua manusia di Indonesia (bahkan di dunia) sudah memiliki handphone untuk menunjang aktifitas keseharian mereka.

Era informasi digital juga membuka peluang kerja yang sangat luas dalam bidang industri Teknologi Informasi (TI), seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun  swasta membaca peluang ini dengan berlomba-lomba membuka Program Studi bernuansa TI seperti Teknik Informatika, Teknik Elektro dan Informatika, Sistem Informasi, Magister Teknologi Informasi,dsb. Bahkan dilevel SMK pun juga telah memiliki konsentrasi TI (Teknik Komputer dan Jaringan, dan Sistem Informasi). Pada sektor pendidikan non formal juga telah menjamur berbagai lembaga pelatihan khusus TI dilengkapi dengan Trainer bersertifikasi internasional untuk berbagai bidang Ilmu TI, dengan tujuan yang sama yaitu mencetak generasi profesional di bidang TI.

Apabila anda membaca iklan lowongan pekerjaan, maka akan sangat banyak anda temui berbagai lowongan IT pada berbagai perusahaan baik di dalam maupun diluar negeri, ini menunjukkan bahwa peran IT telah menjadi “ENABLER” dalam memberikan “Value Added” pada perusahaan, sehingga dengan IT segala sesuatu mungkin untuk terwujud. Berbagai perusahaan sanggup menggaji tenaga IT dengan salary yang tinggi untuk menjamin kelancaran aktifitas bisnis perusahaan mereka.  Dari sisi EntrePreneur, IT pun memiliki peranan penting, banyak peluang berwiraswasta dibidang IT, seperti bisnis online, jasa pembuatan web site, software house, toko komputer, reparasi komputer, dan masih banyak bidang wiraswasta lainnya.

Sekarang saya akan membahas sedikit tentang Network Engineer, istilah ini biasanya lekat pada orang-orang dengan kapabilitas keilmuan di bidang Networking,pada program studi TI biasanya kuliah Networking ini dikemas dalam satu mata kuliah khusus dalam bentuk  Computer Networking, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Komdat (Komunikasi Data), silabus mata kuliah ini tidak jauh-jauh membahas secara detail bagaimana teknologi itu bekerja sekaligus diperkenalkan tren teknologi terbaru, pada kampus dengan fasilitas yang baik biasanya khusus mata kuliah networking ini juga disertai dengan ujicoba atau praktek secara langsung untuk mengimplementasikan pengetahuan akademik yang sudah didapat, bisa dalam bentuk praktikum di laboratorium, implementasi pada project tertentu, ataupun melakukan site visit divisi IT pada sebuah institusi.

Bagi anda yang tidak sempat mengenyam bangku pendidikan formal maupun nonformal, anda tidak perlu takut untuk berkecimpung di dunia IT, karena dengan era informasi digital saat ini sangat dimungkinkan untuk mempelajari IT secara mandiri dengan bantuan teknologi tentunya, anda dapat belajar otodidak dari sebuah forum online, social network, buku, maupun sumber informasi IT lain yang beredar luas di internet, syaratnya hanya satu yaitu ada kemauan tinggi dan ketelatenan, dalam islam kita kenal “Man Jadda wa Jadda”,  “Siapa yang bersungguh – sungguh, akan berhasil”.

Berikut saya rangkum kiat-kiat sukses untuk menjadi seorang Network Engineer;

  • Modal pertama adalah memiliki tekad dan niat yang kuat untuk belajar TI secara sungguh-sungguh.
  • Mulailah untuk secara mandiri menggunakan search engine (google, bing, yahoo) untuk mengumpulkan berbagai sumber bacaan berkaitan dengan topik TI di internet.
  • Jangan takut dengan bahasa asing, karena banyak sumber informasi TI berharga yang menggunakan bahasa asing, anda cukup menggunakan translate.google.com untuk menterjemahkan berbagai informasi berharga mengenai TI.
  • Apabila ada sedikit uang, sisihkan untuk berinvestasi membeli buku berkaitan dengan TI, saat ini diberbagai toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, dll telah tersedia berbagai buku panduan tentang berbagai disiplin ilmu TI.
  • Rajin-rajinlah mengikuti perkembangan teknologi network terbaru pada berbagai situs portal berita IT ternama di dunia.
  • Meskipun sedikit tekunilah yang namanya programming, dengan bahasa pemrograman apapun (Java, PHP, Python, C++, C , Fortran).
  • Pelajari manual kerja perangkat-perangkat networking (Mikrotik, CISCO, Juniper, IBM, Tricom, AT, LinkSys,Polycom, dll).
  • Rajinlah mencari sumber sumber bacaan gratis, baik itu dari free  jurnal , free online course, forum-forum, repository digital, mailing list, ilmukomputer.com.
  • Jangan malu untuk bertanya kepada orang-orang yang lebih tahu, tentunya dengan mengajukan pertanyaan yang jelas dan detail, insya alloh dalam sebuah komunitas anda akan dibantu oleh orang-orang yang lebih tahu.
  • Pelajari berbagai sistem operasi yang ada (Linux, FreeBSD, Ubuntu, MacOS, Debian, CentOS,dll).
  • Pelajari sistem keamanan pada masing-masing sistem operasi dan perangkat jaringan, mulai dari menjalankan Firewall, AntiSpam, AntiVirus, AntiMallWare, Anti Phising, SQL Injection.
  • Jika masih banyak waktu luang mulailah untuk belajar WebProgramming dan Database, hitung-hitung mengembangkan pengetahuan di bidang sistem informasi, karena saat ini project berkaitan dengan pembuatan sistem informasi sedang getol-getolnya dibutuhkan.
  • Masuk kedalam milis-milis project network dan coba jajal kemampuan anda untuk mengikuti project-project tersebut.
  • Apabila punya uang lebih, cobalah untuk mengenyam pendidikan formal (Perguruan Tinggi), atau non formal (Lembaga Training, Lembaga sertifikasi:training MCPD, MOM, MCT, MVP, MCTS, CCNA, CCDP, CCNP, Mikrotik, Juniper Cert, CISA, CISM, MCP, dll), khusus utk sertifikasi usahakan memperoleh seritifikat yang diakui internasional.
  • Terakhir banyak-banyak lah berdoa, semoga semua usaha dipermudah Alloh.

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE